Pjs Bupati Batubara Optimis Pilkada Berlangsung Sukses

Posted by on Jul 02, 2018 | Leave a Comment

Batu Bara – KoranAntiKorupsi Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Batubara M Faisal Hasrimy optimis pesta demokrasi tahun 2018 di Kabupaten Batubara berlangsung dengan sukses yang ditandai dengan meningkatnya jumlah partisipasi pemilih dan suasana pilkada yang damai dan kondusif.

Kita berharap dan berusaha mewujudkan pilkada yang damai dan kondusif. Untuk itu, Pemkab Batubara selalu berkoordinasi dengan KPU Batubara, Panwaslih Batubara, Kapolres Batubara serta pihak terkait lainnya,”Kata M Faisal Hasrimy saat menerima kunjungan kerja spesifik Komisi II DPR RI di Aula Kantor Bupati Batubara, Kecamatan Lima Puluh, Rabu (30/5).

Faisal mengatakan, untuk mensukseskan pilkada, adapun tanggung jawab Pemerintah Kabupaten Batubara yang sudah dilaksanakan antara lain, mengalokasikan  dana pelaksanaan pilkada kepada KPU Batubara, Panwaslih serta Polres Batubara yang sudah diselesaikan dalam bentuk naskah hibah Pemerintah Daerah.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Batubara sudah menerbitkan surat edaran dan himbaun kepada jajaran Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Batubara terkait netralitas terhadap pilkada tahun 2018.

Kita sudah melakukan beberapa upaya untuk mensukseskan pilkada. Namun beberapa kendala masih kita hadapi. Diantaranya masih ada penduduk Batubara yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) namun belum memiliki E-KTP. Lalu masih ada penduduk Batubara yang wajib KTP belum melakukan perekaman karena keterbatasan alat perekaman,” ujarnya.

Menurutnya, dalam menghadapi kendala itu, beberapa upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Batubara dimana melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melakukan jemput bola dengan melakukan perekaman off line pada hari Sabtu dan Minggu.

Sementara Ketua Tim kunjungan kerja spesifik  Komisi II DPR RI Nihayatul Wafiroh mengatakan kunjungan Komisi II DPR RI dalam rangka melakukan pengecekan proses persiapan dan kesiapan Pilkada serentak tahun 2018 secara detail.

Kita ingin melihat sudah sejauh mana persiapan menghadapi pilkada. Berapa jumlah warga Batubara yang belum memiliki E-KTP serta bagaimana upaya yang dilakukan bagi masyarakat yang belum memiliki E-KTP tetapi dapat tetap menggunakan hak pilihnya,” katanya.

Selain itu, kita juga ingin melihat bagaimana proses pemutakhiran data pemilih hingga saat ini, apa saja kendala yang dihadapi dan apa saja langkah-langkah antisipasi terhadap berbagai permasalahan yang berpotensi mengganggu keamanan dan kelancaran pelaksanaan pilkada tahun 2018 hingga pasca pelaksanaannya nantinya.

Dalam kunjungan di Batubara, beberapa anggota Komisi II DPR RI turut hadir diantaranya Ahmad Riza Patria, Capt Anthon Sihombing serta beberapa anggota lainnya.(EDO)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here