PN Gunungsitoli Kabulkan Gugatan Soeing Eng Dkk

Posted by on Jul 29, 2013 | Leave a Comment

Gunung Sitoli-  Kpkpos Pengadilan Negeri Gunungsitoli mengabulkan gugatan Soei Eng dkk pada sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Gunungsitoli, belum lama ini.

Dalam amar putusan, majelis hakim menolak tuntutan provisi dari para penggugat seluruhnya, dan dalam eksepsi yang diajukan oleh para tergugat maka majelis hakim menolak seluruhnya.

Sedangkan dalam pokok perkara majelis mengabulkan sebagian gugatan para Penggugat, menyatakan bahwa Nasima Zai (Tergugat I) dan Hamzah (Tergugat II) telah melakukan perbuatan melawan hukum.

Kemudian, menyatakan bahwa tanah yang terletak dan dikenal umum di Jalan Sirao No. 169, Kelurahan Pasar Gunungsitoli Kecamatan Gunungsitoli Kota Gunungsitoli (dahulu Kab. Nias), dengan luas 168 M2  yang berbatasan yakni sebelah timur  berbatas dengan pasar Ya’ahowu, dengan ukuran panjang 4,31 m, sebelah barat  bebatas dengan Jalan Sirao dengan ukuran panjang 4,5 m, sebelah utara bebatas dengan gang/tanah milik Sofyan dengan ukuran panjang 40,5 m, sebelah selatan berbatas dengan tanah milik Bach Tiae dengan ukuran panjang 40,4 meter adalah hak milik Soei Eng Als Sitimina Als Ing (Penggugat I), Hartono (Penggugat II), Hamid, dan Hamzah (Tergugat II).

Selanjutnya, menyatakan bahwa segala bentuk surat yang dibuat dan/atau diterbitkan oleh Tergugat I, Tergugat II, Tergugat III, Tergugat IV, Tergugat V, Tergugat VI dan Tergugat VII adalah tidak mempunyai kekuatan hukum, dan melakukan sita jaminan (Consevatoir beslaag) atas tanah dan bangunan yang terletak di Jalan Sirao No. 169, Kelurahan Pasar Gunungsitoli Kec. Gunungsitoli Kota Gunungsitoli (dahulu Kab. Nias) Luas 168 M2.

Dan menghukum Tergugat I, Tergugat II, Tergugat III dan Tergugat IV untuk menyerahkan Tanah yang terletak dan dikenal umum di Jalan Sirao No. 169, Kelurahan Pasar Gunungsitoli Kec. Gunungsitoli Kota Gunungsitoli (dahulu Kab. Nias), Luas 168 M2 kepada Soei Eng Als Ing (Penggugat I), Hartono Als Tono (Penggugat II) Hamid (alm)/ahli warisnya dan Hamzah (Tergugat II) tanpa syarat.

Menolak gugatan para Penggugat untuk selain dan selebihnya, dan kepada Tergugat I, II, III dan IV untuk membayar biaya perkara yang hingga kini ditaksir sebesar Rp. 3.091.000 (Tiga Juta Sembilan Puluh Satu Ribu Rupiah). Usai sidang, kuasa hukum tergugat menyatakan banding.

Putusan dibacakan masing-masing majelis hakim dengan  Hakim Ketua, Sylvia Yudhiastika SH dan hakim anggota Safed Fauzan SH MH, dan Edy Siong SH M.Hum. (YAGI)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here