Polisi Ringkus Pelaku Penggelapan 25 Unit Mobil Rental

Posted by on Jan 07, 2019 | Leave a Comment

Martonis (pelaku) ketika diamankan polisi

Martonis (pelaku) ketika diamankan polisi

Kuala Simpang – KoranAntiKorupsi Martonis (43) warga desa bukit Tempurung kecamatan Kuala Simpang Aceh tamiang diringkus anggota Sat Reskrim Polres setempat. tidak tanggung kejahatan yag telah dilakukanya.dengan modus rental mobil, dan kemudian tak dikembalikannya.

Kalau soal gaya seorang martunis sangat meyakinkan apalagi dia mengaku sebagai pengusaha, sehingga pemilik mobil dengan mudah mempercayainya dan memberikan mobil rentalan kepadanya.

Sebanyak 25 unit Mobil rental yang digelapkanya. Kini martonis di amankan di mapolres beserta 25 unit mobil hasil penggelapanya guna untuk proses hukum.

Kapolres Aceh Tamiang AKBP Zulhir Destrian didampingi Kasat Reskrim Iptu Dimmas Adhit Putranto kepada sejumlah wartawan, Kamis kemarin menyebutkan, kasus tersebut berhasil diungkap berdasarkan laporan korban.

Berdasarkan laporan salah seorang korban, kata Kapolres, pada Kamis (20/12) tersangka bernama Martonis (43) warga Kampung Bukit Tempurung, Kecamatan Kualasimpang, mendatangi rumah korban Ismawati (40), yang juga warga Kampung Bukit Tempurung guna merental mobil . Waktu itu, kata Kapolres, tersangka merental mobil korban jenis Avanza selama tujuh hari. Namun setelah tiba waktu pengembalian, tersangka belum juga mengembalikan mobil yang direntalnya.

Karena curiga, kata Kapolres, selanjutnya korban mencari tahu keberadaan mobil miliknya, ironisnya mobil tersebut telah digadaikan oleh tersangka kepada orang lain. Mengetahui mobilnya telah digadaikan, kemudian korban membuat laporan ke Polres Aceh Tamiang pada 31 Desember 2018. Mendapat laporan tersebut, Satuan Reskrim langsung melakukan penyelidikan. Alhasil tersangka ditangkap saat berada di rumahnya di Kampung Bukit Tempurung.

Hasil interogasi yang dilakukan petugas, tersangka mengaku perbuatannya yaitu telah menggadaikan mobil milik Ismawati ke Aceh Timur kepada Ridwan (34), warga Alur Nirih, Kecamatan Peureulak Timur.

“Mobil tersebut digadai sebesar Rp 30 juta,” ungkap Kapolres.

Selain mobil Ismawati, tersangka juga mengaku telah menggadaikan puluhan unit mobil lainnya yang direntalnya. Mendapat pengakuan tersebut, Satuan Reskrim melakukan pengembangan ke Aceh Timur. Hasil pengembangan, personel mengamankan 25 unit mobil yang digadaikan oleh tersangka,” sebut Kapolres.

Modus operandi yang dilakukan tersangka yaitu dengan cara berpura-pura merental mobil untuk keperluan pribadinya yang digunakan berbisnis.”Selain sebagai pedagang, tersangka sebelumnya dikenal sebagai salah seorang pengusaha mobil rental sehingga para korban tidak curiga dengan tersangka” tutur Kapolres.

Kapolres juga menghimbau  kepada para pemilik mobil rental yang merasa mobilnya hilang agar datang ke Polres Aceh Tamiang dan membawa kelengkapan surat supaya mobilnya bisa diambil kembali.

Dengan terungkapnya kasus penggelapan mobil ini, Kapolres harap kepada para pemilik mobil rental ke depan agar lebih berhati-hati memberikan mobil untuk dirental dengan orang yang belum berapa dikenal. (AGAM)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here