Polres Bener Meriah Tahan Pendamping dan Kepala Desa

Posted by on Feb 05, 2018 | Leave a Comment

Bener Meriah – Kpkpos Mantan Kepala Desa (Kades) Pasir Putih Kecamatan Syiah Utama Kabupaten Bener Meriah Ali Hasmi (55) dan anaknya Saiful Hidayat (24) serta pendamping desa M.Tamin (27) ditahan Polres Bener Meriah. Mereka diduga menggerogoti dana desa dengan membuat proyek fiktif. Terbongkarnya kasus ini karena adanya laporan masyarakat setempat ke pihak Polres Bener Meriah.

Ketiganya diduga telah melakukan korupsi dengan tidak membangun empat jembatan kecil alias fiktif. Sehingga kerugian negara sebesar Rp.298.013.000.

Kapolres Bener Meriah, AKBP Fahmi Irwan Ramli melalui Kasat Reskrim, AKP Suparwanto SH, Selasa 30/1 mengatakan Kades Pasir Putih telah menyalahgunakan anggaran dana desa. “Dari hasil penyelidikan, diketahui telah terjadi penyimpangan dana desa Pasir Putih yang seharusnya untuk pembangunan empat buah jembatan, namun tidak dilaksanakan (fiktif),” katanya.

Dia menjelaskan Kades bersama dua tersangka lainnya juga mentilep gaji pengurus perangkat desa, dan imam kampung sehingga jumlahnya mencapai Rp 298.013.000.

Dia menyatakan ketiga orang tersebut secara sengaja menggelapkan atau menggunakan dana desa untuk keperluan pribadi, tanpa membangun infrastruktur  jembatan sesuai dengan Surat PertanggungJawaban (SPJ).

“Untuk tersangka Saiful Hidayat, anak dari Kepala Desa secara sengaja mencairkan dana desa tahap I dan tahap II, padahal dia mengetahui jika dana desa tidak digunakan ayahnya untuk kegiatan pembangunan desa.” Pungkasnya.

Sementara untuk tersangaka Muhammad Tamin, mantan pendamping desa, kata AKP Suparwanto, dengan sengaja membuat laporan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) dan laporan realisasi penggunaan dana desa. “Padahal dia tahu Kades pasir Putih tidak menggunakan dana untuk kegiatan pembangunan desa sesuai APB-Desa 2016,” ungkapnya.

Dia menjelaskan ketiga tersangka tersebut terjerat dengan Pasal 2, Pasal 3, Pasal 8 dari Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 yang dirubah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001, tentang pemberantasan Tindak pidana korupsi. (Yan)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here