Produk UMKM Ramaikan ‘Kampung Murah Ramadhan’

Posted by on Jul 15, 2013 | Leave a Comment

Tebingtinggi – Kpkpos  Kegiatan ‘Kampung Murah Ramadhan’ yang digelar Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Tebingtinggi bekerjasama dengan Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskouperindag) dari tanggal 10 Juli hingga 4 Agustus 2013 mendatang menampilkan berbagai macam produk usaha mikro kecil menengah (UMKM) kota itu.

Kegiatan yang diikuti oleh ratusan pengusaha mikro kecil dan menengah itu secara resmi dibuka Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan didampingi unsur Muspida setempat, Rabu malam (10/7) di Lapangan Merdeka Kota Tebingtinggi ditandai dengan pemukulan bedug oleh Dandim 0204/DS Letkol (Arh) Syaiful Ginanjar Mukti serta pemotongan pita oleh Ketua Bhayangkari Polres Tebingtinggi Ny Andi Rian Djayadi.

Walikota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan mengajak masyarakat kota itu untuk bersama-sama mengangkat potensi daerah sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para traders, buyers dan stakeholders demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tebingtinggi.

“Kampung Ramadhan ini hendaknya menjadi ajang promosi dan sosialisasi berbagai potensi daerah, produk unggulan kreatif dan inovasi serta pameran industri, baik skala mikro, menengah dan besar yang ada di kota ini dan sekitarnya,” ujar Walikota.

Dalam kegiatan Kampung Murah Ramadhan, panitia penyelenggara dari HIPMI Kota Tebingtinggi menyediakan 55 tenda diperuntukkan bagi 55 pelaku UMKM, 22 tenda untuk jajanan buka puasa serta 22 tenda yang diperuntukkan bagi dunia pendidikan, perbankan, otomotif dan furnitur.

“Kampung Ramadhan dikemas dengan bernuansa Islami yang menampilkan nada dan dakwah, ragam festival seni dan budaya Islami. Juga ada bazar dan belanja murah (UKM), wisata kuliner, rekreasi dan hiburan keluarga serta pameran pemerintahan dan industri”, jelas Ketua BPC HIPMI Kota Tebingtinggi M Hazly Azhari ST M.Sc.

Disebutkan juga bahwa ke depan, HIPMI Tebingtingi akan memposisikan diri pada garda terdepan dalam menciptakan dan memberikan segala perhatian terhadap pembangunan skill dan jiwa wirausaha dikalangan pengusaha kecil dan menangah.

“Ini menjadi sangat penting karena kita (HIPMI) ingin mewujudkan visi dan misi Walikota Tebingtinggi ‘One Village One Product’ dan sudah selayaknya HIPMI mentransformasi-kan semangat wirausahanya kepada kalangan usaha kecil dan menengah”, katanya.

Sementara Kadis Kouperindag Kota Tebingtinggi HM Yunus Matondang SE berharap masyarakat Kota Tebingtinggi agar lebih mencintai hasil produksi para pelaku UMKM dikota itu sebab mutu dan kualitasnya tidak kalah bersaing dengan produk sejenis dari luar daerah.

“Untuk meningkatkan mutu hasil produksi UKM kita, Dinas Kouperindag tetap memberikan pembinaan dan pelatihan sehingga produk-produk kita mampu bersaing dengan daerah luar, untuk itu diharapkan masyarakat Tebingtinggi lebih mencintai produk lokal”, harapnya. (RS)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here