Program Rehab Rumah Tidak Layak Huni di Asahan

Posted by on May 20, 2013 | Leave a Comment

Kisaran- Kpkpos Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo Irup pada pembukaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 90 Tahun 2013 di Lapangan Sepak Bola Bridgestone desa Aek Tarum Kec. Bandar Pulau Kab. Asahan, Selasa.

Kepala Staf Angkatan Darat  mengatakan TNI Manunggal Membangun Desa Ke-90 Tahun Anggaran 2013 ini, dilaksanakan  secara serentak di 61 wilayah Kabupaten/Kota di Indonesia. Dilaksanakan secara rutin dua kali dalam setahun dan merupakan program terpadu lintas sektoral melibatkan TNI, Kementerian,  Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat. Proses perencanaan TMMD disusun dengan sistem “bottom up planning”.

Kegiatan TMMD diprioritaskan untuk daerah tertinggal, terpencil, perbatasan, pulau-pulau kecil terdepan, perkotaan yang belum tersentuh oleh pembangunan dan kumuh, serta daerah lain yang terkena bencana, dalam konteks kepentingan pembangunan.

Lebih lanjut Kasad menyampaikan Program TMMD ditujukan pada pembangunan sasaran fisik dan non fisik. Pembangunan fisik ditujukan pada pembangunan berbagai sarana dan infrastruktur masyarakat di wilayah, seperti pembangunan jalan baik pelebaran maupun perkerasan jalan sepanjang 15.400 m, pembangunan jembatan, pembangunan drainase, rehab rumah ibadah, sekolah, rumah tidak layak huni (RTLH) dan pembangunan Balai Desa, serta sarana masyarakat lainnya.

Pembangunan berbagai infrastruktur dan sarana masyarakat tersebut sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas perikehidupan masyarakat. Kondisi ini akan memperlancar urat nadi ekonomi wilayah karena proses pengangkutan hasil bumi, proses distribusi barang maupun jasa di wilayah tersebut akan semakin baik.

Hal ini akan berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam rangka akselerasi pembangunan desa menuju ketahanan wilayah yang tangguh. Perlu disampaikan bahwa salah satu tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP), sebagaimana tertuang dalam UU TNI nomor 34 tahun 2004 adalah membantu tugas pemerintahan di daerah.

 Mengakhiri amanatnya Kasad menyampaikan sebagai bagian dari komponen masyarakat, TNI tetap konsisten untuk membantu kesulitan rakyat, memberdayakan masyarakat dan  meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah guna meningkatkan kesejahteraan dan kualitas sumber daya masyarakatnya.

Sejalan dengan tema yang diangkat pada TMMD Ke-90, yaitu : “Melalui TNI Manunggal Membangun Desa, TNI bersama-sama Polri, Kementerian/LPNK, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen bangsa lainnya, kita tingkatkan integritas guna mendukung percepatan pembangunan dalam rangka mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan masyarakat di pedesaan”.
Usai upacara Kasad memberikan bingkisan kepada masyarakat Kec. Bandar

Pulau, Penanaman pohon di lapangan sepak bola Bridgestone desa Aek Tarum Kec. Bandar Pulau dan meninjau langsung pemasangan bronjong di desa Gajah Sakti Kec Bandar Pulau.

Hadir dalam Upacara tersebut Gubernur Sumatera Utara, Pangdam I/BB, Kapoldasu, Danlantamal I/Belawan, Danrem 022/PT, Danrem 023/KS, Bupati Asahan, Walikota Tanjung Balai, Para Asisten Kasdam I/BB, Para Kabalakdam I/BB, Para Dandim jajaran Korem 022/PT, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, OKP/Ormas, masyarakat sekitarnya serta Para Pelajar kec. Bandar Pulau. (IN/PEN)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here