Proyek Air Bersih Pollung Terlantar

Posted by on Mar 06, 2017 | Leave a Comment

Lokasi instalasi Pengolahan Air Bersih IKK di Kecamatan Pollung sudah ditumbuhi rumput akibat tidak ada perawatan, meski belum difungsikan

Lokasi instalasi Pengolahan Air Bersih IKK di Kecamatan Pollung sudah ditumbuhi rumput akibat tidak ada perawatan, meski belum difungsikan

Dolok Sanggul – Kpkpos MiIiaran rupiah uang rakyat melalui APBN tahun 2014/2015  yang digunakan untuk pembangunan intake instalasi pengolahan air bersih IKK (ibukota kecamatan) Pollung,  tepatnya di desa Huta Julu Kecamatan Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan terkesan diterlantarkan.

Pasalnya, proyek yang menghabiskan dana hampir puluhan miliar tersebut sampai saat  ini belum juga  difungsikan sesuai manfaatnya. Padahal, proyek  tersebut sudah selesai dikerjakan satu tahun yang lalu, sehingga warga mempertanyakan apa sebabnya proyek tersebut belum juga difungsikan.

Kepala Desa Huta Julu Kecamatan Pollung, S.Lumbangaol ketika dihubungi awak media ini, melalui selulernya, membenarkan, hingga saat ini pembangunan intake instalasi pengolahan air bersih  IKK Kecamatan  Pollung sampai saat ini belum difungsikan. Sementara proyek pembangunan tersebut sudah selesai dikerjakan satu tahun yang lalu. Dan dirinya mengaku tidak tau sama siapa mau dipertanyakan kenapa proyek ini belum difungsikan.

Ketika ditanya apa alasan sampai saat ini belum difungsikan, kepala desa ini  juga tidak mengetahui. Hanya saja dia mengatakan, bahwa pemasangan pipa untuk proyek tersebut  sudah rampung sampai ke Kota Doloksanggul.

”Yang jelas, proyek ini belum difungsikan. Saya juga tidak tau apa alasanya, mau sama siapa kita tanya, toh juga ngak ada orang di lokasi, padahal  sudah satu tahun lebih selesai dikerjakan, dan pemasangan pipa juga sudah rampung,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Majile Marbun (32)  warga setempat. Dirinya mengatakan, memang benar sampai saat ini  pembangunan instalasi pengolahan air bersih IKK di desanya belum difungsikan dan sudah selesai setahun lalu.

Dikatakan, warga desa setempat juga turut mempertanyakan proyek terebut, kenapa belum difungsikan sampai sekarang. Padahal anggarannya sangat besar.

”Sudah setahun lebih siap dikerjakan, tapi ngak tau kenapa belum difungsikan. Kami warga di sini juga turut mempertanyakan itu, kalau seperti ini kan, hasilnya jadi sia-sia, padahal anggaranya sangat besar,” keluh warga ini.

Pantauan media ini di lapangan, Senin (27/2), proyek miliaran tersebut terkesan diterlantarkan. Terlihat di sekitar pagar sudah ditumbuhi rerumput dan cat  tembok yang sudah kusam akibat tidak ada perawatan. Lantai juga sudah mulai rusak  dan  posisi pagar terkunci.

Sekedar diketahui, dalam papan proyek tersebut sebelumnya tertulis; Kementerian Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Cipta Karya, pembangunan intake, IPA 40 LPD dan bangunan pendukung IKK Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan. Paket: PKPAM.IKK.14.10 dengan nilai kontrak Rp9.689.516.000, sumber dana APBN 2014/2015 dengan waktu pelaksanaan 270 hari kalender (multiyears). (BOY)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here