Proyek Jalan di Desa Sei Sembilang Asal Jadi

Posted by on Jul 29, 2013 | Leave a Comment

Sei Kepayang – Kpkpos  Pelaksanaan proyek pengaspalan hotmix dan agregat base A dan B sepanjang 1,3 km oleh PT Res Karya di Sei Lunang, Desa Sei Sembilang, Kecamatan Sei Kepayang Timur, Kabupaten Asahan oleh Dinas Bina Marga UPTD Kota Tanjung Balai dikerjakan asal jadi.

Hal itu dibuktikan dengan adanya pembangunan tembok penahan dengan menggunakan batu padas akan tetapi tidak memakai cerocok, sementara kondisi tanah adalah rawa-rawa dan setiap saat terendam air pasang surut.

Akibatnya, tembok penahan yang sudah selesai dibangun terlihat sudah mulai retak-retak. Bahkan ada yang rubuh, diduga selain karena tidak adanya cerocok juga karena formula pemasangan tembok tidak sebagaimana mestinya.

Sehingga dikhawatirkan, tembok penahan yang diduga dibangun tidak sesuai dengan bestek tersebut akan rubuh sebelum waktunya sehingga tidak dapat bermanfaat seperti yang diharapkan.

Hal yang sama juga terjadi pada kegiatan pengaspalan hotmix AC-BC dan AC-WC serta agregat base A dan B yang dilakukan tanpa didahului dengan pembersihan badan jalan dari lapisan tanah dan rumput yang menutup permukaan badan jalan.

Sehingga diyakini, jika kegiatan yang menelan biaya sebesar Rp5,25 miliar yang bersumber dari APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2013 itu tidak segera dihentikan, justru akan menimbulkan kerugian yang cukup besar bagi negara.(HER)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here