PT.M3 Lakukan Pembalakan Liar

Posted by on Apr 15, 2013 | Leave a Comment

ILUSTRASI - Pembalakan yang terjadi di hutan negara.

ILUSTRASI – Pembalakan yang terjadi di hutan negara.

Panyambungan – Kpkpos  Pemerintah melarang melakukan penebangan kayu tanpa izin. Namun Perusahaan PT.M3 (PT Madinah Madani Mining) yang berada di Kelurahan Tapus Kecamatan Lingga Bayu tidak mengindahkan larangan ini.

Bahkan, hingga saat ini pembangunan rumah karyawan diambil dari hasil hutan dan tidak pernah membayar Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Penebangan kayu saat ini masih terus terjadi di kawasan hutan Masyarakat Kelurahan Tapus, dengan modus PT M3 menyuruh sejumlah masyarakat agar melakukan penebangan kayu dan menjual kayu tersebut kepada PT M3.

Namun sebagian kayu tersebut ditebang oleh PT M3 guna pembangunan rumah karyawan. Demikian informasi yang diterima dari warga Tapus yang tidak mau diulis namanya.

Diminta pada penegak hukum agar turun lansung ke lapangan guna melihat keganjilan hutan yang sudah gundul dibabat oleh perusahaan tanpa adanya izin dari Dinas Kehutanan.

Sementara diketahui selama ini masyarakat yang menebang kayu untuk perumahan ditangkap, mengapa perusahaan tambang emas tersebut tidak diproses apakah itu tidak melanggar aturan hukum, ungkap sumber.

Diminta sangat kepada Dinas Kehutanan agar lansung turun guna menyaksikan kegundulan hutan di wilayah kerja PT.M3 tersebut. Sebelum datangnya PT.M3 di kawasan tersebut,hutan di sana masih terpelihara dengan baik. Namun setelah PT M3 hadir di sana, hutan menjadi gundul.

Kadis  Kehutanan dan Perkebunan  Kabupaten Madina Mara Ondak Harahap yang dikonfirmasi KPK Pos melalui Kabid Hutan Faisal mengatakan, Dinas Kehutan telah melaksanakan monotoring ke lokasi, dan benar saat ini PT.M3 tidak ada mengantongi izin untuk melakukan penebangan kayu dan PT.M3 tidak pernah berkordinasi dengan Dinas Kehutanan terkait penebangan kayu tersebut.

Dikatakan saat ini Tim dari Dinas Kehutanan dan Perrkebunan Madina telah diturunkan ke lokasi untuk melakukan pengukuran dan penghitungan guna diketahui nantinya berapa banyak kerugian negara akibat penebangan kayu di wilayah kerja PT.M3 tersebut.

“Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) belum pernah dibayarkan PT.M3,” ungkap Faisal. (TH)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here