Puluhan Guru TKS Tuntut Gaji Enam Bulan

Posted by on Feb 05, 2018 | Leave a Comment

Para guru TKS saat melakukan aksi menuntut gaji honor yang belum dibayarkan.

Para guru TKS saat melakukan aksi menuntut gaji honor yang belum dibayarkan.

Panyambungan – Kpkpos Puluhan guru Tenaga Kerja Sukarela ( TKS), Kamis (1/2) lakukan aksi unjuk rasa ke kantor Bupati Mandailing Natal menuntut gaji selama enam bulan yang belum di bayarkan.

Puluhan guru yang melakukan aksi damai tersebut tiba dikantor Bupati Madina Pukul 10.30 Wib. Meraka melakukan aksinya menuntut gaji selama enam bulan agar segera direalisasikan mengingat sampai saat ini puluhan guru tersebut sudah lelah menunggu janji yang katanya akan segera dibayarkan, demikian dikatakan Muhendri salah seorang guru TKS.

Memang aksi damai yang kami lakukan ini aksi untuk kedua kalinya. Yang mana aksi damai pertama oleh dinas pendidikan mengatakan akan dibayarkan dengan catatan ada SK nya dari provinsi namun sampai saat ini belum juga dibayarkan, ucapnya.

Memang, lanjutnya, sebelumnya kami sudah mendatangi Dinas pendidikan Provinsi Sumut dan hasilnya gaji kami dibayarkan selama enam bulan penuh dan sisanya alasan Dinas Pendidikan provinsi bahwa dari bulan Januari-Juni kami masih wewenang Dinas pendidikan Kabupaten Mandailing Natal.

Disinggung terkait SK dari Dinas Provinsi Sumut, kami hanya di berikan Nota Dinas pengganti SK yang berlakunya selama satu tahun penuh. Bagaimana nasib kami pak jika gaji kami enam bulan lagi tidak dibayarkan sementara untuk kebutuhan hidup tidak mencukupi dari gaji tersebut, ungkap sejumlah guru.

Kami hanya diberikan upah sekitar Rp. 900.000/bulanya, sementara untuk kebutuhan jauh dari cukup. Nah gaji kami masih tersendat enam bulan lagi bagaimana nasib kami sampai saat ini belum terealisai untuk itulah kami lakukan aksi damai ini untuk mempertanyakan kepastian sisa gaji kami enam bulan lagi, ujarnya.

Sementara guru yang ditempatkan Dinas pendidikan Kabupaten Madina di sekolah swasta sampai saat ini tidak memperoleh gaji dan ini sudah kami pertanyakan pada Dinas pendidikan provinsi namun kami hanya mendapat jawaban yang tidak memuaskan bahwa ini tanggung jawab Dinas pendidikan Kabupaten Madina.

Bupati Mandailing Natal Drs. Dahlan Hasan Nasution melalui Sekdakab Madina Drs. M Safe’i Lubis M. Si, menanggapi aksi damai para guru TKS mengatakan benar ada anggaran di tampung untuk gaji honor TKS.

Akan tetapi tidak dapat dibayarkan karena tidak ada wewenang Kabupaten Madina untuk membayarkannya. Mengapa dianggarkan sementara para guru telah bekerja. Kami dari Pemkab Madina akan berangkat ke provinsi untuk menyelesaikannya, kata Safe’i Lubis.

Namun, kata Safei’i, sampai ahir Desember 2017 Dinas pendidikan provinsi tidak mengambil uang yang telah kami alihkan untuk gaji para guru honor TKS.

Untuk itu saya tawarkan agar berangkat kembali lagi ke dinas pendidikan Provinsi untuk mengambil keputusan agar gaji honor yang tersendat dapat di bayarkan, cetusnya. (TH)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here