Rektor Unsam Tanggap Atasi Demo Mahasiswa

Posted by on Feb 25, 2019 | Leave a Comment

Pintu gerbang Kampus Unsam Langsa Di blokir mahasiswa pendemo.

Pintu gerbang Kampus Unsam Langsa Di blokir mahasiswa pendemo.

Langsa – KoranAntiKorupsi Ratusan mahasiswa Universitas Samudra (UNSAM) Langsa selasa pekan lalu melakukan aksi demo dikampus setempat. ratusan mahasiswa itu menuntut keterbukaan soal   para penerimaan Bidik misi terhadap 254 Mahasiswa.

Pantauan koran ini di kampus tersebut ratusan mahasiswa dalam aksi demo itu nyaris bentrok dengan satpam kampus, karena para mahasiswa yang berunjuk rasa tidak dibenarkan menerobos masuk  ke ruang Rektorat. Yang kemudian rektor Bachtiar Akop dan staf menemui para mahasiswa guna memberikan penjelasan kepada pendemo.

Namun apa yang telah dijelaskan Rektor para pendemo tidak menerima yang akhirnya para pendemo terus melanjutkan unjuk rasa dan menutup pintu gerbang agar para staf dan rektorat tidak bisa keluar kampus sebelum memenuhi permintaan para pengunjuk rasa.

Pantauan koran ini, ketika para pendemo hendak menutup pintu gerbang juga nyaris adu fisik dengan Satpam da aparat keamanan dari polsek Langsa timur, Yang akhirnya Kapolsek Iptu Imran SE Turun langsung melerai dan memberikan penutupan gerbang kampus agar tidak terjadi anarkisme oleh pendemo.

Masih dalam pemantauan koran ini, para pendemo hingga malam hari tidak juga membubarkan diri bahkan mereka menginap di pekarangan kampus. karna disangsikan terjadi anarkis, polres Langsa  menambah pasukan yang komandani langsung Oleh Kabag.Ops Polres Langsa Akp Suhartono.

Aksi demo terus berlanjut hingga Rabu siang. Pada rabu hari kedua  itu para mahasiswa melakukan orasi di depan pintu gerbang kampus. sehinggga pengguna jalan di depan kampus sedikit terganggu,  beruntung pihak polantas dan petugas polisi lainya dapat mengantisipasi kemacatan. Akibat aksi demo itu perkuliahan sempat terhenti selama 2 hari.

Menristek penuhi Permintaan Pendemo        

Menurut informasi koran ini dari pihak Kehumasan Unsam, aksi demo yang dilakukan mahasiswa selama 2 hari, merupakan cepat tanggapnya Rektor Bachtiar Akop yang terus berkordinasi dengan MenristekDikti yang akhirnya aksi demo mahasiswa dipenuhi permintaanya oleh Dirjen Pembelajaran dan Mahasiswa.

Kepastian itu disampaikan melalui surat ditandatangani Direktur Kemahasiswaan, Kemenristeksikti Dirjen Pembelajaran dan Mahasiswa, Didin Wahidin, yang dikirim melalui fax langsung dari Kemenristeksikti di Jakarta kepada Rektor Unsam Langsa, Dr Bachtiar Akop MPd, Rabu itu juga

Isi surat itu disebutkan, kepada Rektor Unsam Langsa di Aceh, dengan ini kami sampaikan bahwa kami (Kemenristekdikti) tidak keberatan memberikan bantuan pendidikan bidikmisi bagi mahasiswa Universitas Samudra sebanyak 254.

Namun karena kuota bidikmisi tahun 2018 telah didistribusi habis, maka bidikmisi bagi mahasiswa akan diberikan untuk tahun 2019, sebagai penerima bidikmisi On Going.

Untuk di tahun selanjutnya, kiranya bapak Rektor dapat memberikan penjelasan secara komprehensif agar tidak terjadi kesalah pahaman pada mekanisme penerimaan bidikmisi seperti kejadian tahun ini.

Surat dengan Nomor : T/434/B3.2/KM.00/2019 perihal bantuan biaya pendidikan bidikmisi Universitas Samudra ini, juga ditembuskan kepada Direktur Jendral Pembelajaran dan Mahasiswa Kemenristekdikti, dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. (YAN)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here