Rusuh Pilkada Taput, Polda Klaim Aman

Posted by on Jul 02, 2018 | Leave a Comment

MEedan – KoranAntiKorupsi Kendati Pilkada di Taput rusuh, pihak Polda Sumut justru mengklaim proses Pilkada Serentak 2018 di Sumut berlangsung aman dan lancar. “Sesuai laporan dan pemantauan, Pilkada Sumut aman dan lancar,” ujar Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan kepada wartawan, Kamis (28/6).

Untuk pengamanan suara, Polda Sumut menurutnya akan mengawal hingga tuntas proses penghitungan suara mulai dari panitia pemungutan suara (PPS), panitia pemungutan kecamatan (PPK) hingga ke KPU kabupaten dan KPU provinsi.

“Seluruh personel yang ditugaskan di daerah, berkewajiban mengawal suara mulai dari PPS, PPK, dan KPUD,” sebut Nainggolan.

Bahkan menurut Nainggolan, dari proses pengawalan itu, lanjut belum ditemukan adanya penolakan ataupun kericuhan yang terjadi. “Belum ada, masih aman dan lancar,” katanya.

Polda Sumut, kata Nainggolan, selama proses Pilkada Sumut berlangsung, dipantau oleh Tim Divisi Humas Polri. “Tim Div Humas Polri, datang sejak tanggal 16 Juni 2018 sebelum Pilkada. Mereka langsung melakukan peninjauan bersama Kapolda ke TPS di Deli Serdang, Binjai, dan Medan,” terangnya.

Namun keterangan berbeda disampaikan Kabid Humas Poldasu AKBP Tatan Dirsan Atmaja yang dihubungi wartawan Kamis (28/6) malam terkait kerusuhan di Pilkada Taput.

Tatan memastikan kondisi terakhir di Taput sudah mulai kondusif. “Massa sudah membubarkan diri. Tadi mulai jam 6 sore, sudah membubarkan diri,” kata Tatan.

Menurut juru bicara Poldasu itu, sebelumnya Kapolres Taput sudah diminta berkoordinasi dengan pihak terkait . Mantan Wakapolres Polrestabes Medan ini menyebut aksi massa yang terjadi di dua lokasi di Taput, terkait ketidakpuasan dalam pelaksanaan Pilkada Bupati. (ADLS)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here