Saluran Irigasi Lancar, Petani Di Simalungun Tak Cemas Soal Longsor

Posted by on Feb 05, 2018 | Leave a Comment

Simalungun – Kpkpos Para petani Irigasi Sumber Daya Air (SDA) Bahbolon Dinas Cipta Karya Propinsi Sumatera di wilayah UPT Simalungun,yang meliputi Kecamatan Tanah Jawa,Hutabayu Raja,(Raja Maligas II), Rambung Merah dan Kecamatan Pematang Bandar (Javacolonisasi) saat ini merasa puas. Pasalnya perbaikan saluran irigasi primer dan skunder saat ini kondisinya sudah lancar.Dan bangunan saluran irigasi anggaran tahun 2017 sudah berfungsi kembali.

Kondisi ini akan menambah gairah para petani pengguna air dari Sumber Daya Air(SDA) Bahbolon yang di beberapa Kecamatan dan bendungan, akan memberi jaminan tehknis,tidak akan mengalami kekurangan air atau kekeringan lagi untuk 10 tahun kedepan. Hal ini tidak terlepas selama saluran tersebut dilakukan perawatan yang maksimal.

Saat ini para petani di Kecamatan Hutabayu Raja,Raja merasa aman dan tidak merasa cemas terhadap longsor atau banjir. Mereka mengapresiasi kinerja para kontraktor yang telah memperbaiki saluran irigasi tersebut. Masyarakat juga berharap agar bisa mendata jaringan irigasi yang perlu diperbaiki di anggaran tahun 2018 ini.Sesuai hasil kerjasama reses anggota DPRD Sumut atau melalui kebijakan dari KUPT SDA Bahbolon Simalungun.

Terpisah,KAUPT SDA Bahbolon Simalungun,Wijaya ST,MT membenarkan semua bangunan rehabilitasi dari anggaran Provinsi Sumatera Utara Tahun 2017 sudah selesai.Namun masih ada perawatan tanggung jawab dari pemborong sampai masa yang ditentukan.

Untuk perbaikan di anggaran tahun 2018,masih dalam peroses dan DPA nya belum diterima oleh UPT Simalungun.Kendati demikian,di tahun 2018,secara berkelanjutan pasti akan ada perbaikan dan pembangunan irigasi atau bronjong cegah banjir dan longsor, tapi titik dan obyek lokasi berbeda dan terpisah, sebutnya.(rait)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here