Siswa Siswi Yayasan Soposurung SMAN 2 Balige TA 2018/2019 Dikukuhkan

Posted by on Jul 16, 2018 | Leave a Comment

Balige – KoranAntiKorupsi Pendidikan merupakan jendela masa depan untuk dapat meningkatkan derajat dan martabat manusia. Dengan pendidikan manusia dapat melakukan dan mendapatkan kehidupan yang lebih baik serta menghadapi era globalisasi yang semakin komplek.

Demikian disampaikan Bupati Toba Samosir (Tobasa) Ir. Darwin Siagian diwakili Kadis Pariwisata Audy Murphi O Sitorus dalam acara Pengukuhan 120 Siswa Siswi Angkatan XXIX Asrama Yayasan Soposurung (Yasop) SMA Negeri 2 Balige di Lapangan Mini Soposurung Balige, Sabtu.

Pemerintah Kabupaten Tobasa,  sangat mengapresiasi semangat kerja keras dari Ketua Dewan Pembina Yasop Letjend (Purn) Dr. TB. Silalahi, SH, dimana sekitar 28 tahun yang lalu telah mendirikan sekolah yang telah menunjukkan prestasinya pada Bangsa dan Negara Republik Indonesia umumnya.

Dan secara khusus, lanjutnya,  Tobasa Yasop telah menghasilkan siswa siswi terbaik bangsa untuk mampu bersaing pada PTN terkemuka  Indonesia di antaranya Perguruan Tinggi ITB, UI, UGM,UNPAD, ITS dan diterima sebagai tenaga kerja di berbagai BUMN dan BUMD.

Audy menegaskan bahwa mulai Tahun Pelajaran 2016/2017 Pemkab Tobasa telah membuat Kelas Unggulan untuk semua SMP se-Kabupaten Tobasa agar dapat  diterima di Asrama Yasop SMA Negeri 2 Balige pada tahun mendatang.

“Pemkab Tobasa bersama instansi terkait telah berupaya bersama seluruh Kepala Sekolah SMP  melakukan pendataan dan membuat kelas unggulan agar pada tahun ajaran mendatang para siswa lulusan SMP dapat diterima di SMA unggulan dan memberikan beasiswa kepada yang berprestasi dan membantunya apabila orangtua tidak mampu untuk membiayai pendidikannya, tegas Audy.

Sebelumnya Ketua Dewan Pembina Yasop Letjen (Purn) DR TB Silalahi, SH didampingi isteri mengukuhkan 120 siswa/i asrama Yasop SMA Negeri 2 Balige Angkatan XXIX Tahun 2018 yang ditandai dengan menyematkan  topi dan jas kepada 2 (dua) orang perwakilan siswa dan siswi yang disaksikan para orang tua dan para tamu undangan lainnya.

Pengukuhan Siswa/i Asrama Yasop Angk. XXVII ini, diawali dengan upacara nasional dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan Hening Cipta oleh Ketua ,  pembacaan prasetya siswa-siswi baru oleh Alumni Yasop dr Tota Manurung  .

Ketua Dewan Pembina Yasop Dr. TB. Silalahi dalam bimbingannya kepada hadirin sambil menyaksikan atraksi bela diri, tor-tor 6 (enam) puak oleh para Siswa SMA N 2 Asrama Yasop, mengatakan awalnya para Siswa Asrama Yasop hingga 15 tahun berkiprah di Negeri ini memberikan pendidikan gratis, karena anak-anak orang Batak umumnya pintar-pintar namun tidak memiliki biaya untuk belajar atau sekolah.

“Hingga saat ini ada 4 (empat) motto yang selalu saya pesankan dan tegaskan kepada para anak-anak ini semuanya agar menjadi manusia yang mandiri dan mampu bersaing, yakni brotherhood (red: persaudaraan), allegiance (red: kesetiaan), gentlemen (red: kesatria) dan purse of glory (red:  dharma bakti) , dari 500 yayasan yang ada di Indonesia salah satu yayasan yang sangat berkualitas adalah Yayasan Soposurung dimana sampai saat ini kita ketahui ada seratus limapuluh orang alumni Yayasan Soposurung SMAN 2 Balige yang duduk di Kementerian Keuangan dan kita harapkan salah satu dari mereka akan duduk sebagai direktorat Jenderal Keuangan.” tegasnya disambut tepuk tangan applaus dari para pengunjung.

Sementara itu pengusaha tambang Boy Tohir  mengatakan rasa bangga yang luar biasa kepada Ketua Dewan Pembina Yasop Letjen (Purn) DR TB Silalahi SH yang telah menaruh perhatiannya dalam mendirikan dan membina anak-anak bangsa di negeri ini sebagai generasi penerus bangsa.

“Saya yakin pada tahun 2045 para alumni Asrama  Yasop SMA Nageri 2 Balige ini akan dapat menggantikannya sebagai pengusaha dan sebagai garda terdepan di NKRI yang kita cintai ini,” tandasnya.

Boy mengajak para orang tua dan masyarakat untuk bersyukur karena Pak TB. Silalahi masih memberikan hatinya untuk membina dan mendidik anak-anak didik di Asrama Yasop ini tanpa memikirkan keuntungan.

“Jika beliau memikirkan keuntungan tidak mungkin sekolah ini menjadi yang terbaik di Negara ini dan bahkan di luar negeri, oleh karena itu saya sampaikan sekali lagi bahwa para siswa Asrama Yasop ini luar biasa,” tegasnya disambut tepuk tangan meriah dari para hadirin.(TIM)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here