Surf Qualifying Series Nias Pro Akan Digelar di Pantai Sorake

Posted by on Jul 16, 2018 | Leave a Comment

Nias Selatan – KoranAntiKorupsi Lomba Surf Qualifying Series Nias Pro bertaraf internasional akan digelar pada tanggal 24 – 28 Agustus, 2018 di pantai Sorake, Kabupaten Nias Selatan.

Perhelatan tersebut dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah Nisel melalui Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga Pemerintah bekerjasama dengan Kementrian Pariwisata dan Organisasi Surfing Dunia yakni World Surf League (WSL).

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Anggraeni Dachi, SP, kepada sejumlah wartawan, Kamis, (12/7) mengungkapkan, kegiatan tersebut merupakan pertandingan Series WSL yang dilaksanakan di 8 (delapan) lokasi Surfing termasuk Nias Selatan.

“Yang sudah dilaksanakan itu dari Series WSL ini yakni di Lampung ,Kramat Bali dan ini sudah Series ketiganya”,  paparnya.

Dia menjelaskan, World Surf League (WSL) itu merupakan Tur Surfing profesional yang didirikan pada tahun 1976 yang berdedikasi mempromosikan perselancar profesional atlet kelas Dunia berpusat di Los Angels California

“Ini pertama kali kita menjalin kerjasama dengan WSL. Dan memang kegiatan ini juga bukan pertama kalinya dilaksanakan di Pantai Sorake, namun pada tahun 90-an juga sudah pernah digelar,”tuturnya.

Ajang ini juga sambungnya, salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Nias Selatan untuk terus mendorong memperkenalkan dan mengembangkan Pariwisata di Nias Selatan, dimana Pantai Sorake ini adalah salah satu Spot Surfing terbaik di Indonesia dan Dunia.

Dalam perhelatan tersebut, pihaknya menargetkalan akan dihadiri 60 sampai dengan 80 peselancar profesional yang tergabung dalam liga WSL.

“Untuk promo dan pendaftaran peserta atlet peselancar yang akan ikut, dihandel langsung oleh WSL,”imbuhnya.

Anggreani juga menambahkan, peselancar lokal notabene putra Daerah Nisel akan diperkenankan ikut lomba maksimal 5 orang.

Total hadiah dalam liga Surf Qualifying Series Nias Pro ini sebesar U$ 15,000 plus Trofi.  Ia juga mengkhawatirkan stok tiket pesawat bagi para wisatawan yang akan ikut menyaksikan perhelatan tersebut.

Namun pihaknya sudah mengantisipasi hal itu dengan berkoordinasi dengan pihak maskapai penerbangan Garuda dan Wings Air.”Belum lagi soal harga tiket yang melambung tinggi,”tandasnya.(HAL)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here