Tambang Pasir Ilegal di Desa Sei Tualang Pandau Terus Beroperasi

Posted by on Jan 30, 2017 | Leave a Comment

Tanjungbalai – Kpkpos Proyek galian-C pengerukan pasir sungai Asahan yang berlokasi di perkebunan PT CSIL Desa Sei Tualang Pandau Dusun III Kecamatan Sei Kepayang Barat Asahan diduga Ilegal dan tidak memiliki izin. Proyek yang diduga ilegal ini mendapat sorotan elemen masyarakat dan sejumlah LSM Keadilan di wilayah tersebut.

Salah seorang warga Mahyuni (43) mengatakan, proyek galian-C yang dikerjakan sangat menyalahi aturan karena diduga sama sekali tidak mengantongi izin.

“Siapapun dan apapun bentuk aktivitasnya sangat menyalahi aturan, karena dapat merusak ekosistem dan mengakibatkan abrasi,” terangnya.

Dikatakan, kawasan lingkungan seharusnya dimanfaatkan untuk penghijauan, namun demikian, apabila dalam pelaksanaannya di luar dari peruntuknya maka patut dipertanyakan,ucapnya.

Pantauan awak media di lokasi, Senin, pekerjaan pengerukan pasir di lokasi dilakukan dengan cara menyedot memakai mesin besar (diesel). Untuk memuat ke dalam truk menggunakan beko besar, serta alat pengangkut kenderaan truk yang lebih dari satu. Bahkan ditemukan banyaknya pasir yang bertumpahan dari dalam truk ke jalan raya yang mengakibatkan banyak tumpukan pasir disepanjang jalan, kondisi tersebut sangat dikeluhkan sebahagian warga.

Kades Sei Tualang Pandau Edy Surya Dharma saat ditemui, Rabu (25/1), di rumahnya mengatakan, untuk pengerjakan galian-C tersebut pihaknya tidak tahu secara pasti. Namun setelah mendapat laporan dari masyarakat, dirinya beserta staf langsung turun ke lokasi, dan menemui salah seorang mengaku pengusaha yang bernama Iyan warga Tanjungbalai.

Edy langsung menanyakan terkait izin galian-C yang dikerjakan. Pengusaha tersebut menjawab; “masih dalam pengurusan,Pak!”

Selanjutnya Kades memberikan ultimatum apabila tidak mempunyai izin jangan diteruskan penambangan. Namun kenyataannya, sampai saat ini penambangan pasir galian-C tetap berjalan sampai sekarang.

Diakuinya, sampai detik ini pihak Pemerintah Desa belum mengeluarkan rekomendasi apapun terkait penambangan pasir di wilayahnya.

Camat Kecamatan Sei Kepayang Barat Basri SH, mengatakan, pihaknya juga telah menegur pengusaha, namun tidak pernah digubris. Pihaknya menegaskan agar pengusaha Galian-C yang ada di lokasi Sei Tualang Pandau dapat ditutup, sebelum izinnya keluar, tandasnya.(HER)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here