Tangkap Bupati Batu Bara

Posted by on Apr 16, 2012 | Leave a Comment

MEDAN – Kasus korupsi dana Pemkab Batubara terungkap dari Informasi Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Terungkap ketika Kadispenda Pemkab Batubara, Yos Rauke dan Bendahara Umum Pemkab Batubara, Fadil Kurniawan melakukan pencairan dana kas daerah sebesar Rp80 miliar di Bank Sumut, yang kemudian dipindahkan ke Bank Mega Cabang Jababeka, Bekasi.

Meski telah menetapkan banyak tersangka, pengusutan kasus korupsi Pemkab Batubara belum menyentuh semua pelaku.

Sebab, dana kas daerah Pemkab Batubara tidak bisa dipindahkan dari Bank Sumut ke Bank Mega Jababeka oleh Yos Rauke dan Fadil Kurniawan, tanpa izin bupati Batubara OK Arya Zulkarnain, sebagai pemegang otoritas keuangan daerah.

Seperti yang dikutip Forum, pihak Bank Sumut dalam keterangannya kepada penyidik menyebutkan bahwa pemindahan dana kas daerah dari Bank Sumut sesuai dengan persyaratan prosedur pemindahan. Ini artinya, pemindahan dana sudah ada persetujuan dari bupati.

Pertanyaannya, kenapa Kejaksaan Agung tak kunjung mengusut dan menangkap bupati Batubara?.

Kejanggalan inilah yang menimbulkan pertanyaan besar di publik. Mengapa Kejagung masih enggan menyentuh bupati Batubara dan atau Bank Sumut, jika pemindahan sesuai prosedur.

Padahal kasus ini mirip dengan kasus korupsi Bupati Aceh Utara, Ilyas Hamid dan Wakilnya Syarifuddin yang sudah diadili, karena mendepositokan dana kas Pemkab Aceh Utara ke Bank Mandiri sebesar Rp220 miliar. (BBS)

Leave a comment

To use reCAPTCHA you must get an API key from https://www.google.com/recaptcha/admin/create