THR ASN Pemko P Siantar “Sedot” APBD Rp 3 M Lebih

Posted by on Jun 11, 2018 | Leave a Comment

Pematang Siantar – KoranAntiKorupsi Pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) bagi 5000-an lebih Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintahan Kota (Pemko) Pematangsiantar tahun 2018, menyedot Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Pematangsiantar Rp 3 miliar lebih.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Ir Adiaksa Purba melalui Kabid Anggaran Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Pemerintah Kota Pematangsiantar Rosion Hutauruk SE MSi ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (7/6).

Rosion mengatakan, pemberian THR Tahun Anggaran 2018 diatur pada Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2018. Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2018 menjelaskan, pemberian THR dimaksud diupayakan untuk dibayarkan pada minggu pertama bulan Juni 2018 sebesar penghasilan pada bulan Mei 2018. Penghasilan yang menjadi komponen penghitungan besaran THR tersebut di antaranya, gaji pokok, tunjungan keluarga dan tunjangan jabatan.

Menurut PP nomor 19 tahun 2018 dijelaskan, bagi daerah yang belum menyediakan atau tidak cukup tersedia anggaran THR dalam APBD 2018, pemerintah daerah segera menyediakan anggaran THR yang dimaksud dengan cara melakukan pergeseran anggaran yang dananya bersumber dari belanja tidak terduga, penjadualan ulang kegiatan atau menggunakan kas yang tersedia.

Selanjutnya, bagi daerah yang tersedia anggarannya dalam APBD Tahun Anggaran 2018 tetapi menggunakan nomenklatur anggaran gaji ketiga belas dan keempat belas, supaya melakukan penyesuaian nomenklatur anggaran menjadi Tunjangan Hari Raya dan gaji ketiga belas.

“Untuk pembayaran THR tahun 2018 sudah dianggarkan di APBD dan masing-masing penganggarannya dilakukan masing- masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Pemerintah Kota Pematangsiantar tidak melakukan pergeseran anggaran untuk pembayaran THR, akan tetapi memakai anggaran dari Silpa Tahun Anggaran 2017 yang belum digunakan. Jadi tidak ada pekerjaan yang tertunda, Pemko Pematangsiantar juga membayarkan THR bagi tenaga honor Rp 750 ribu per orang,” kata Rosion.(IN/BBS)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here