Tiga Jaksa Senior Ikut Seleksi Pengawas KPK

Posted by on Jun 11, 2018 | Leave a Comment

Jakarta – KoranAntiKorupsi Jaksa Agung HM Prasetyo membenarkan tiga jaksa senior mengikuti seleksi bidang pengawasan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Ya, memang ada permintaan dari KPK, dan mungkin bukan hanya ditawarkan kepada kejaksaan saja, dari Polri juga ditawarkan,” katanya, di Jakarta, Jumat (8/6).

Ia menyebutkan ketika pihaknya ditawarkan agar jaksa ikut seleksi pengawasan KPK itu, pihaknya bergerak. “Kami kirimkan,” katanya lagi.

Hal itu, kata dia, sebagai bentuk partisipasi kepada upaya untuk memperkuat KPK dan saat ini masih berjalan prosesnya.

“Dahulu kan juga deputinya (KPK) diisi dari kejaksaan, sekarang nampaknya mereka minta lagi, kita kirimkan nama-nama, terserah nanti dipilih atau tidak,” katanya.

Sebelumnya, anggota Panitia Khusus Hak Angket DPR dari Fraksi PDI Perjuangan Masinton Pasaribu mengatakan draf sementara pansus, salah satunya merekomendasikan pembentukan Dewan Pengawas KPK, agar KPK tidak melakukan penyimpangan dan kesewenang-wenangan dalam menjalankan tugas.

Dia mengatakan Dewas KPK fungsinya bukan mengintervensi proses penyidikan dan penuntutan oleh KPK, namun untuk memastikan tugas KPK sesuai dengan koridor hukum.

Masinton mengatakan anggota Dewas KPK diusulkan dari eksternal KPK seperti akademisi dan unsur masyarakat.

Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan bahwa Dewan Pengawas itu dapat dibentuk oleh Pimpinan KPK.

“Pembentukan Dewas KPK ini tidak terkait dengan revisi UU KPK karena DPR sudah kebanyakan UU, jangan didorong lagi. Ini rekomendasi sehingga bisa dilaksanakan namun bisa juga tidak,” kata Bambang, Kamis (1/2).(ANT/AC)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here