Tiga Terdakwa Kasus Narkoba dari Aceh Diadili

Posted by on Feb 24, 2014 | Leave a Comment

Medan- Kpkpos Tiga terdakwa kasus pemilikan narkotika jenis ganja kering seberat 265 Kg, diadili di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Kamis (20/2). Ketiga terdakwa yakni Jamaah, Andre dan Iqbal.

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dwi Meily Nova, diketahui bahwa Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Langkat bekerjasama dengan BNN Provinsi Sumut, menangkap empat orang membawa ganja seberat 265 Kg,  di Hotel Bungalaw Putra Jaya Bandar Baru pada 13 September 2013.

Namun satu orang lagi  menjalani rehab karena ia tidak mengetahui apa-apa. Ketiga terdakwa diancam dan dijerat dengan pasal 114 ayat (2) UU No 35 tahun 2009 dengan ancaman maksimal 20 tahun penjara.

Dalam persidangan itu, Jaksa Penuntut Umum (JPU), Nova menghadirkan dua saksi dari pihak BNNK Langkat salah satunya bernama IM Siregar. Dihadapan majelis hakim yang diketuai M Isya itu, IM Siregar mengatakan mendapat informasi dari masyarakat kalau ada orang membawa narkotika jenis ganja dengan mengendarai mobil menuju ke Kota Medan.

Saat penangkapan itu, lanjutnya, para terdakwa sedang beristirahat di Hotel Bungalaw Putra Jaya Bandar Baru. Namun, barang bukti daun ganja kering sebanyak 140 ball dan mencapai berat 265 Kg ini ditemukan di dalam mobil Kijang Innova yang dirental terdakwa.

“Berdasarkan keterangan para terdakwa, barang haram itu milik Jamaah. Barangnya dari Blangkejeren, Aceh dibawa ke Medan untuk si Bembeng. Sebagai sopir, terdakwa Iqbal dan Andre mendapat uang senilai Rp200 ribu perkilo. Setiap ball-nya seharga Rp1 juta,” terangnya.

Menyikapi keterangan saksi, ketiga terdakwa membenarkannya. Usai mendengarkan saksi majelis hakim pun menunda persidangan hingga pekan depan dengan agenda mendengarkan saksi lain.(FR)

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here