Walau Presiden Kaget Harga Tiket Belum Juga Turun

Posted by on Feb 18, 2019 | Leave a Comment

Melambungnya harga tiket pesawat hingga kini masih menjadi perbincangan yang hangat, maklumlah pesawat sebagai salah satu transportasi yang sangat cepat dan efisien untuk menempuh suatu jarak yang sangat jauh, walaupun beberapa jalan tol sudah beroperasi namun tetap memakan waktu panjang dalam menempuh suatu tempat yang jauh.

Dampak akibat kenaikan tiket pesawat tersebut memicu turunnya perjalanan masyarakat yang berakibat menurunnya hunian hotel 20-40 persen, bahkan pariwisata lokal juga ikut berimbas.

Melambungnya harga tiket ini juga bukan saja membuat kagetnya para pengguna maskapai penerbangan, sekelas presiden yang mengatur negara ini juga terkejut atas mahalnya harga tiket pesawat dan ini diungkapkannya pada saat menghadiri Gala Dinner Peringatan HUT ke-50 Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang digelar di Grand Sahid, Senin lalu. Namun keterkejutan presiden ini tetap saja belum turunnya harga tiket pesawat.

Namun titik cerah sedikit terlihat karena presiden Jokowidodo telah menggelar rapat koordinasi dengan kementerian dan stakeholder untuk mengatasi masalah krusial ini.

Adapun pemicu lonjakan tiket pesawat kabarnya akibat harga avtur yang dijual Pertamina lebih mahal dari yang dijual Singapura.

Saat ini tingginya harga avtur dinilai mengerek harga tiket pesawat Indonesia. Harga avtur mempengaruhi 25 persen hingga 40 persen dari harga tiket pesawat.  Presiden telah menginstruksikan menteri terkait untuk mengevaluasi harga avtur.

Ia berharap ada hal-hal yang bisa diefesiensikan agar harga avtur tak terlalu memberatkan perusahaan penerbangan, semoga hal ini secepatnya bisa terlaksana.

Seharusnya kenaikan harga tiket pesawat harus mempertimbangkan daya beli masyarakat sehingga kenaikan tarif tak akan membebani masyarakat.

Memang apa yang dilakukan perusahaan penerbangan masih dalam koridor wajar dan tidak menyalahi aturan yakni termaktub dalam Permenhub Nomor 14 Tahun 2016.

Namun, langkah yang dipilih maskapai ini menimbulkan efek domino dan berkepanjangan.

Diharapkan dengan pertemuan Presiden Jokowi dengan kementerian dan stakeholdernya dapat mengambil kebijakan yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

Leave a comment

 
Enter Analytics/Stat Tracking Code Here